Cara Membuat Surat Izin Sekolah – Terkadang dalam suatu saat kalian membutuhkan yang namanya sebuah surat izin untuk menginformasikan kepada pihak sekolah kalau kondisi kalian sendiri yang lagi tidak fit. Seperti dimana ketika kalian sakit, dikarenakan sakit dapat datang dengan tiba-tiba.

Sakit membuat sebuah kendala yang tak bisa diatur oleh kita sendiri. Meskipun sudah mencoba sebaik mungkin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita, namun jika tiba saatnya tetap aja penyakit akan datang menghampiri. Karena kondisi tubuh yang memburuk, sering kali membuat aktifitas seseorang menjadi terhambat, baik pekerjaan, sekolah dan kepentingan lainnya.

Membuat Surat Izin di beberapa sekolah benar-benar sangat di haruskan, oleh karena itu jika tanpa izin yang jelas dari orang tua wali murid baik secara langsung maupun dari surat |oleh sebab itu akan dikenakan absen alpa dan tentu saja peraturan tata cara disekolah harus di taati dimana ketika alpa sampai waktu 3 kali lazimnya maka akan dikenakan teguran dari pihak sekolah.

Kadang dalam menulis surat izin sakit ini sebuah sesuatu yang sangat mudah dikerjakan tanpa harus melihat sebuah contoh sekalipun akan tetapi supaya agar lebih resmi kalian dapat melihat berbagai contoh penulisan dibawah ini.

Cara Membuat Surat Izin Sekolah

Penulisan Surat Izin Yang Benar

Penggunaan tatanan struktur bahasa

dikarenakan surat izin tidak masuk sekolah termasuk surat resmi dan harus ditujukan kepada pihak sekolah itu sebagai instansi resmi, oleh karena itu bahasa yang digunakan mesti baku dan efektif.

Penggunaan tanda baca yang harus rapi.

Hal sekecil ini sangatlah berpengaruh, namun penggunaan tanda baca pada surat izin sakit sangatlah penting. Karena penerapan tanda baca yang jelas akan membuat surat ijin sakit yang kalian bikin menjadi lebih rapi serta mudah dibaca.

  • Tanggal dan tempat adalah tentunya ya diawal surat, kapan dan dimana surat itu dibuat
  • Yang dituju harus jelas.
  • Salam pembuka, umumnya dari semua surat-surat yang ada di Indonesia menggunakan kata “Dengan hormat”.
  • Isi surat tersebut, menerangkan kenapa kalian tidak bisa masuk sekolah, karena alesan apa misalkan sakit atau ada aca keluarga dll.
  • Penutup, berisi permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Catatan, jangan pernah memakai kata-kata “nya” namun manfaatkan “bapak/ibu”. Sebagai contoh “saya ucapkan terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  • Terakhir, Tanda tangan orang tua wali murid. Bisa juga dengan tanda tangan kakak kalian sendiri.

Mungkin kalian bisa langsung melihat beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah dibawah ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Banyuwangi, 28 November 2018
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII TKJ
SMK N 1 Glagah

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama : Ricky Hermansyah Pratomo
Siswa : Kelas XII TKJ. SMK N 1 Glagah
Alamat : Jl. Kuntulan No. 01, Glagah

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya pada hari ini, Selasa 28 November 2018 dikarenakan sedang sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII TKJ agar memberikan izin tidak mengikuti kegiatan sekolah.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid

Berikut saya berikan bebrapa gambar contoh yang bisa kalian tiru dalam membuat surat izin.

Contoh Surat Izin Sekolah Buatan Sendiri:

contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit

Contoh Surat Izin Sekolah yang dibuat orang tua:
contoh surat izin sakit

Mungkin itu saja ulasan mengenai tutorial cara membuat surat izin, semoga bermanfaat!