Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka – Kami semua pernah mengalami masalah Google Play Store di semua hp android. Entah itu pesan kesalahan saat mendownload aplikasi, Play Store mogok atau tidak mau terbuka, kita punya solusinya. Inilah yang dapat Anda lakukan saat Google Play Store tidak bekerja untuk Anda.

Ada beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan Play Store tidak bisa dibuka maupun dengan wifi, kita akan menjalankan metode pemecahan masalah yang dimulai dengan solusi sederhana hingga yang lebih rumit, namun bagaimanapun juga Anda dapat mengikuti tautan ke solusi terperinci di bawah ini:

Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

1. Panduan pemecahan masalah

Pertama-tama Anda ingin memastikan masalahnya ada di tangan Anda dan bukan masalah yang lebih luas dengan Google. Periksa status Play Store pada layanan seperti downdetector, misalnya. Jika banyak pengguna melaporkan masalah yang sama, kemungkinannya ada di pihak Google dan Anda harus menunggu mereka memperbaikinya.

Jika Anda menduga masalahnya ada di akhir pengguna, pertama-tama Anda ingin menghidupkan ulang ponsel Anda. Tampak jelas, tapi ini bisa menjadi solusi cepat untuk banyak masalah. Jika masalah Anda berulang, maka saatnya untuk mulai bekerja.

Untuk memulai, kami ingin memeriksa beberapa hal sederhana di luar Google Play yang mungkin memengaruhi kinerjanya. Yaitu, pengaturan tanggal dan waktu Anda benar dan koneksi internet Anda bekerja dengan benar.

2. Periksa aplikasi Google

Jika Play Store dibekukan atau dikeluhkan, paksa dengan menggeseknya atau pergi ke Setelan> Aplikasi> Semua memilih Google Play Store dan menekan “Force stop”.

Kemudian, Anda ingin memastikan bahwa Google Play sendiri selalu diperbarui dan bersih. Ini melibatkan memastikan Anda memasang Google Play versi terbaru. Jika Anda masih memiliki masalah, Anda pasti ingin melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga. Ini berarti membersihkan cache Google Play Store dan, jika ini tidak menyelesaikan banyak hal, lanjutkan dan hapus data Play Store Anda.

Jika masih ada masalah setelah Play Store telah dibersihkan, kita harus sedikit lebih dalam, dan menghapus data dan cache di Google Play Services, serta memastikan untuk Menginstal versi terbaru Layanan Google Play. Jika masalah berlanjut, langkah berikutnya (pastikan untuk mencatat kata sandi Anda, dll.) Adalah menyetel ulang akun Google Anda di perangkat Anda.

Memperbaiki Google Playstore Tidak Bisa Dibuka

3. Periksa aplikasi pihak ketiga

Langkah di atas harus mengonfirmasi apakah masalahnya ada pada sistem Google Play itu sendiri, namun terkadang masalahnya bisa berasal dari aplikasi terkait yang berbeda, yang dapat mengganggu Play Store. Pertama, periksa aplikasi yang dinonaktifkan, dan pastikan Anda mengaktifkan Download Manager. Anda juga harus menonaktifkan VPN Anda jika Anda memilikinya.

4. Solusi Terakhir Untuk Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sekarang, kita mendapatkan beberapa solusi teknis yang perlu dilakukan dengan hati-hati, jadi pastikan Anda telah mencoba metode di atas terlebih dahulu. Sekarang, jika Anda telah mengakar perangkat Anda, maka sebaiknya hapus file “hosts.txt” di direktori sistem Anda. Jika ini tidak berhasil atau jika Anda tidak ingin mengakar telepon Anda, kembalilah ke Play Store dan copot pemasangan pembaruan sebelumnya.

Akhirnya, sebagai upaya terakhir, Anda selalu dapat melakukan reset data pabrik pada ponsel cerdas Anda. Ini akan menghapus semua data Anda, jadi pastikan untuk membuat cadangan terlebih dahulu.

Sekian tutorial mengenai Cara Memperbaiki Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka, semoga bermanfaat bagi kalian semua.