Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap

Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap – WhatsApp adalah salah satu instant messenger yang paling cepat berkembang di luar sana, dan hampir menjadi jejaring sosial dengan caranya sendiri. Tapi jika Anda menggunakannya, ada beberapa langkah untuk melindungi keamanan dan privasi Anda.

Ini di atas dan di luar enkripsi built-in end-to-end WhatsApp. Ini diaktifkan secara default dan tidak dapat dimatikan. Enkripsi memastikan bahwa pesan Anda hanya bisa dibaca di telepon penerima. Ini sama untuk panggilan suara dan video call, keduanya dienkripsi.

Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap

1. Periksa Enkripsi untuk Percakapan Sensitif

Meskipun WhatsApp mengenkripsi semua obrolan secara default, terkadang Anda ingin memeriksa ulang. Praktik bagus untuk melakukannya sambil berbagi informasi sensitif seperti nomor kartu kredit dengan kontak tepercaya.

Untuk memverifikasi enkripsi, mulailah percakapan dengan kontak itu. Di jendela obrolan, ketuk nama kontak, lalu klik Enkripsi.

Pola 40 digit ini adalah kode keamanan Anda. Anda dapat memverifikasi kode ini secara manual dengan membandingkan angka, meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut, atau memindai kode kontak Anda dengan tombol “Kode Pindai”. Sebagai peneliti keamanan, catatan Martin Shelton, sebaiknya gunakan utusan yang berbeda untuk memverifikasi bahwa angka-angka ini cocok.

2. Aktifkan Pemberitahuan Keamanan

Saat ponsel atau laptop baru mengakses obrolan yang ada, kode keamanan baru akan dibuat untuk kedua ponsel. Dan WhatsApp bisa mengirim notifikasi saat security code berubah. Dengan cara ini, Anda bisa mengecek enkripsi dengan teman Anda melalui messenger yang berbeda, memastikan keamanannya.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan, buka WhatsApp> Settings> Account> Security> Tampilkan pemberitahuan keamanan dan flip toggle menjadi hijau.

3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Jika layanan mendukungnya, Anda harus menggunakan dua faktor otentikasi (2FA). Ini menambahkan kode akses berkala ke WhatsApp, dan juga memastikan data Anda tidak diakses oleh orang lain.

Untuk mengaktifkan 2FA, buka Menu> Setelan> Account> Verifikasi dua langkah> Enable. Ikuti langkah-langkah untuk membuat kode PIN enam digit yang dapat Anda ingat dengan mudah. Yang penting, tambahkan alamat email Anda untuk mengambil kode itu jika Anda melupakannya.

Cek berkala untuk kode sandi diacak, jadi tidak persis sama dengan penguncian kata sandi obrolan Anda. Tapi itu bukan tujuan 2FA. Tujuannya adalah untuk menghentikan orang lain mengakses akun WhatsApp Anda tanpa persetujuan Anda.

4. Anda Tidak Bisa Melindungi Password WhatsApp

Sayangnya, tidak ada cara untuk mengunci WhatsApp dengan password. WhatsApp telah mengatakannya secara eksplisit, dan merekomendasikan penggunaan aplikasi penguncian pihak ketiga untuk Android.

Di iPhone, sama sekali tidak ada cara untuk melindungi Sandi WhatsApp. Apple tidak mengizinkannya, apakah dengan passcode atau Touch ID.

Jadi untuk saat ini, pin 2FA periodik adalah satu-satunya harapan Anda. Selain itu, satu-satunya cara untuk menjaga privasi WhatsApp dari mata pengintaian adalah dengan menggunakan kunci sandi atau pola pada telepon Anda.

5. Nonaktifkan Backup Cloud (Jika Anda Peduli Privasi)

Enkripsi end-to-end sangat mengagumkan, tapi ada satu celah: WhatsApp mencadangkan obrolan ke Google Drive atau iCloud. Dengan begitu, jika Anda memasangnya kembali nanti, Anda dapat mengambil kembali pesan lama Anda. Tapi backup ini tidak dienkripsi.

Jadi jika Anda benar-benar peduli dengan privasi Anda, maka itu adalah sesuatu yang perlu Anda nonaktifkan. Ingat, menyimpan data Anda dengan Apple dan Google mungkin tidak melindungi Anda dari penyadapan oleh pemerintah.

Untuk menonaktifkan backup cloud otomatis:

  • Di iPhone: Buka WhatsApp> Setelan> Chatting> Chat Backup> Auto Backup> Nonaktif
  • Di Android: Buka WhatsApp> Menu> Setelan> Chatting> Cadangan Chat> Cadangan ke Google Drive> Jangan pernah

6. Waspadai Modus Penipuan Umum

Karena ini adalah instant messenger, Anda mungkin akan mengalami beberapa penipuan di WhatsApp secara berkala. Anda perlu tahu beberapa yang populer dan tidak jatuh untuk mereka.

Yang paling gigih berbicara tentang versi premium WhatsApp, “WhatsApp Gold,” atau akun Anda akan habis masa berlakunya (kadaluarsa). Tidak peduli bagaimana itu worded, penipuan adalah tentang membuat Anda membayar untuk WhatsApp. Seharusnya tidak perlu dikatakan, tapi jangan pernah bayar uang untuk WhatsApp.

7. Dapatkan Aplikasi Desktop WhatsApp Resmi

Untuk menggunakan WhatsApp di komputer Anda, Anda perlu menyinkronkan telepon Anda dengan aplikasi Web WhatsApp atau aplikasi desktop WhatsApp. Untuk berada di sisi yang aman, dapatkan aplikasi desktop resmi.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa WhatsApp Web dapat dimanipulasi dengan mudah, kata Electronic Frontier Foundation. Ini adalah salah satu ancaman keamanan terbesar yang dihadapi pengguna WhatsApp. Dan ketika FPD menulis laporan itu, solusi yang disarankan adalah menyediakan klien desktop.

8. Lindungi Privasi Anda pada WhatsApp

WhatsApp bukan utusan paling pribadi di luar sana, tapi ini memberi pengguna setidaknya beberapa kontrol. Buka Pengaturan> Akun> Privasi untuk melihat semua yang Anda inginkan.

Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat Last Seen, profil foto, about, status, dan live location Anda. Anda juga bisa mematikan Read Receipts di sini, jadi tanda centang biru dimatikan.

mungkin itu saja tips tentang Cara Mengamankan Whatsapp Agar Tidak Disadap, semoga membantu kalian semua.