cara menghapus aplikasi bawaan hp samsung

Mastahku | Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Samsung – Di era saat ini, semua orang di dunia pasti memiliki smartphone. Jarang sekali atau hampir tidak kita temui orang yang tidak mempunyai smartphone atau minimal handphone.

Jika kita mendengar kata “Samsung” otomatis bayangan kita pasti adalah, suatu perusahaan besar di dunia ini yang memproduksi barang-barang elektronik dan tentunya kualitas tidak diragukan lagi. Mulai dari televisi, ac, sampai smartphone juga diproduksi oleh Samsung.

Saat ini kita akan membahas tentang aplikasi bawaan pada smartphone Samsung yang jarang digunakan tetapi tidak bisa dihapus secara manual, harus melalui beberapa cara. Biasanya para pengguna Samsung akan menemukan beberapa aplikasi bloatware, seperti Samsung pay, Samsung Member dan lain-lain.

Tetapi aplikasi tersebut seakan sia-sia. Selain jarang digunakan aplikasi ini terkadang juga memakan penyimpanan terhadap smartphone. Daripada memakan penyimpanan, pastinya teman-teman pengguna Samsung ingin sekali menghapus aplikasi tersebut.

Kalian juga harus dapat membedakan aplikasi bawaan dan aplikasi sistem. Jadi, jangan sembarangan menghapus aplikasi, dan tentunya jangan sampai menghapus aplikasi sistem pada smartphone. Akan menimbulkan kerusakan pada software di hp anda. Sebelum menghapus lihat terlebih dahulu itu aplikasi bawaan atau aplikasi sistem.

Langsung saja kita simak cara untuk menghapus aplikasi bawaan terhadap smartphone Samsung!

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Smartphone Samsung

1. Menggunakan Fitur Disable

Hampir semua smartphone memberikan akses ini terhadap penggunanya. Fitur ini digunakan agar aplikasi bawaan yang memang jarang digunakan bisa didisable/dinonaktifkan. Samsung memberikan beberapa akses agar bisa didisable terhadap beberapa aplikasinya. Cara menggunakan fitur Samsung ini adalah, kita hanya perlu mengetuk/menahan agak lama terhadap ikon pada aplikasi tersebut. Lalu pilih opsi disable. Maka aplikasi pun akan terdisable.

Hanya saja fitur ini hanya dapat digunakan pada aplikasi tertentu bawaan dari Samsung. Karena dirasa memang agak tidak begitu penting oleh Samsung kepada penggunanya. Mungkin fitur ini tidak akan bisa digunakan pada aplikasi utama Samsung, seperti Galaxy Apps, Samsung Themes, dan aplikasi utama Samsung lainnya.

2. Menghapus Aplikasi Menggunakan Akses Root

Sebagian orang pasti ketika mendengar kata “root” akan berpendapat jika root akan membuat smartphone rusak, hilang garansi, dan lain-lain. Tetapi sebagian orang lainnya terutama orang-orang yang suka mengoprek smartphone pasti menggunakan akses root.

Karena rooting akan membuat kalian memiliki akses dan kontrol penuh pada smartphone kalian. Sebelum kalian akan melakukan rooting alangkah baiknya kalian menyimak tutorial rooting smartphone pada website ini. Karena jika kalian melakukan rooting harus menanggung konsekuensinya. Selain kehilangan garansi smartphone, kalian juga harus siap jika smartphone kalian terjadi bootloop.

Baca: Cara Screenshot Video di Semua HP Samsung

3. Menggunakan Aplikasi Package Disable Pro (Samsung)

Jika menggunakan aplikasi ini, jangan sampai kalian meroot hp kalian. Aplikasi ini memang berbayar di playstore. Tetapi, kalian juga bisa untuk meminta uang kalian kembali jika aplikasinya tidak sesuai dengan yang kalian harapkan. Jadi kalian tinggal download dan bayar untuk aplikasi ini.

Itulah cara untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung untuk sedikit melegakan penyimpanan smartphone. Jangan lupa share tulisan ini! Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here