cara menghapus folder windows old

Cara Menghapus Folder Windows.old Di Windows 10 – Microsoft meningkatkan Windows 10 dari waktu demi waktu. Setelah memutakhirkan Windows 10, Anda akan melihat folder “Windows.old” di drive C. Folder ini berisi versi lama sistem operasi Windows. Tapi, Anda juga bisa menghapusnya secara manual dan aman. Jadi, di sini adalah panduan lengkap untuk menghapus folder lama Windows dari PC Anda untuk membebaskan ruang disk.

Apa itu Windows.old?

Nah, ketika Anda mengupgrade Windows 10, 8, atau 7, maka setelah upgrade, masih versi yang lebih lama tersedia di PC Anda di bawah folder Windows.old. Karena Microsoft menyediakan opsi untuk kembali ke versi Windows sebelumnya. Setelah meningkatkan, jika Anda menghadapi masalah di yang lebih baru versi, Anda dapat kembali ke versi yang lebih lama dari Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemulihan.

Anda akan memiliki 10 hari untuk menggunakan opsi ini. Setelah 10 hari, folder lama Windows akan dihapus secara otomatis. Namun, opsi ini berguna, tetapi menempati banyak ruang disk (Dalam banyak kasus, lebih banyak dari 25GB). Jadi, jika versi baru berfungsi dengan baik, dan Anda ingin mengosongkan ruang disk, maka, Anda mungkin perlu menghapusnya secara manual.

Meskipun, Anda tidak dapat menghapus folder ini dengan mengeklik kanan di atasnya atau menekan tombol hapus. Windows memberi Akses kesalahan ditolak “Anda perlu izin untuk melakukan tindakan ini”. Juga, ada berbagai opsi tersedia untuk melakukan ini seperti menggunakan alat membersihkan Disk, Pengaturan Penyimpanan, Command Prompt, atau pihak ketiga. Tapi, menggunakan alat membersihkan disk adalah salah satu metode termudah untuk menghapus folder lama Windows.

Baca Juga: 6 Emulator Android Terbaik Yang Cocok di WIndows 10

Cara Menghapus Folder Windows.old di Windows 10

Ada dua cara yang akan saya bagikan ke kalian semua, mungkin beberapa cara dibawah ini sangatlah mudah dipahami oleh kalian semua, coba simak dengan baik.

#1 Gunakan Disk Cleanup Tool Untuk Menghapus Folder Windows.old Di Windows 10

1. Buka Disk cleanup tool dengan mengetik Disk Cleanup di bilah pencarian Cortana dari bilah pencarian. Kamu bisa juga membukanya dari properti drive C. Buka My Computer dan klik kanan pada drive C dan klik Properties. Setelah itu, klik tombol Disk CleanUp.

2. Pilih Drive C (Jika Windows diinstal pada drive lain, lalu pilih drive itu) dan klik pada tombol OK. (Jika Anda membuka alat Disk Cleanup dari properti C Drive, maka Anda tidak perlu untuk memilih drive. Anda tidak akan melihat opsi ini.)

3. Sekarang klik pada opsi “Bersihkan file Sistem”, dan pilih drive C atau drive di mana Windows diinstal.

4. Sekarang alat Disk Cleanup akan memindai dan menghitung file sistem yang dapat dihapus. Setelah itu, pilih opsi “Installasi Windows Sebelumnya” dari daftar ‘file to delete’, dan klik tombol OK (Anda juga dapat memilih file lain dari daftar).

Baca Juga: Cara Membuka File Hidden di Windows 10 Dengan Mudah

#2 Menghapus Folder Windows.old di Windows 10 Dari Setting

1. Buka aplikasi Pengaturan dengan menekan Windows Key + I atau dari menu mulai.

2. Buka Sistem> Penyimpanan dan klik opsi “Kosongkan ruang sekarang” dari pengertian penyimpanan. (Jika opsi “Kosongkan ruang sekarang” tidak tersedia, klik pada drive C dari penyimpanan, dan klik

3. Setelah itu, Pilih opsi “Versi Windows sebelumnya” dan klik tombol “Hapus file”.pada opsi file sementara).

Baca Juga: Begini Cara Mengunci Folder di Windows 10 Tanpa Software Tambahan

Kesimpulan

Namun, folder ini akan dihapus secara otomatis setelah 10 hari. Tapi, Anda juga bisa menghapus / menghapusnya secara manual. Ingat, Anda tidak dapat menurunkan versi sistem operasi setelah melakukan ini. Jadi, lakukan ini kapan versi Windows saat ini berfungsi dengan baik, dan Anda tidak memiliki masalah dengannya. Anda juga bisa hapus folder ini menggunakan command prompt, tetapi metode ini sulit untuk orang-orang non techie. Begitu, dua metode ini mudah digunakan.

Sekian Cara Menghapus Folder Windows.ol, Terima Kasih!