cara hemat baterai iphone

Cara Menghemat Daya Tahan Baterai iPhone X dan iPhone 8 – Menghadapi masalah boros baterai di iPhone X Anda? Berikan trik ini mencoba untuk mengatasi masalah dan memperbaiki daya tahan baterai iPhone X, iPhone 8 Plus atau iPhone 8 Anda.

Meski iPhone X baru memiliki baterai 2716, cukup bagus untuk memulainya dengan penggunaan rata-rata. Pada kebanyakan hari, saya menemukan banyak masalah di iPhone. Sejauh ini, baterai pada iPhone X telah bertahan dengan mengagumkan. Tapi saya tahu masalah bisa menyerang kapan saja, dan saya harus mencari solusi efektif untuk mengatasi masalah baterai iPhone X.

Setelah menggali melalui Pengaturan dan mengingat pengalaman masa lalu saya, saya telah menemukan cara yang dapat sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan baterai iPhone X [Juga, bekerja pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.] cobalah tips berikut untuk memperbaiki masalah untuk hemat baterai agar tidak boros baterai iPhone X, 8, dan 8 Plus.

Cara Hemat Baterai iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Solusi # 1: Lihat Bagaimana Baterai Dikonsumsi di iPhone Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah; perhatikan secara rinci bagaimana baterai dikonsumsi pada perangkat Anda sebelum melanjutkan proses untuk memperbaiki masalah. Cukup menuju ke Settings → Battery dan perhatikan baik-baik konsumsi daya pada perangkat Anda.

Anda bisa melihat penggunaan baterai 24 jam terakhir dan tujuh hari.

Aplikasi yang Anda gunakan sebagian besar akan mengkonsumsi daya lebih banyak secara alami, dan aplikasi yang tidak Anda gunakan akan memakan lebih sedikit. Tetapi jika Anda menemukan aplikasi memakan lebih banyak daya dari yang diharapkan, hapus dan pasang kembali.

Dengan iOS 11, Anda dapat menonaktifkan aplikasi tanpa menghapus setelan dan data mereka. Dan saat Anda memasangnya kembali, Anda akan dapat memulihkan data yang terkait.

Solusi # 2: Hard Reboot iPhone anda (restart paksa)

Jika trik pertama tidak menghasilkan hasil yang diinginkan dan masa pakai baterai perangkat Anda belum membaik, berikan hard reset. Ini adalah salah satu trik yang paling sederhana namun efektif untuk memperbaiki masalah. Untuk hard reboot iPhone X Anda, tekan dan lepaskan tombol volume atas lalu tekan dan lepaskan tombol volume ke bawah dan tekan terus tombol samping sampai logo Apple muncul di layar iPhone X.

Solusi # 3: Gunakan Terbaik Mode Power Rendah

“Low Power Mode” bisa sangat membantu dalam membiarkan Anda memperpanjang masa pakai baterai iPhone X.

Setelah diaktifkan, ini mematikan beberapa fitur seperti download otomatis, pengambilan surat, Hey Siri, efek visual, penyegaran aplikasi latar belakang, dan lain-lain. Selain itu, juga mengurangi efek visual. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi Settings → Battery → Turn On Low Power Mode.

Solusi # 4: Hindari Menggunakan Wallpaper Dinamis

iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X Dynamic Wallpaper benar-benar cantik. Wallpaper animasi terlihat menyenangkan mata, tapi mereka makan banyak baterai. Makanya, hindari menggunakannya untuk menghemat baterai.

Solusi # 5: Matikan Pelacakan Kebugaran

Berkat M11 motion co-processor, iPhone Anda memungkinkan Anda melacak langkah, gerak tubuh dan aktivitas lainnya. Ini sangat penting untuk orang aneh kebugaran atau seseorang yang mencoba masuk kembali. Tapi jika itu tidak penting bagi Anda, nonaktifkan pelacakan kebugaran. Buka Pengaturan → Privasi → Gerak & Kebugaran dan matikan Pelacakan Kebugaran.

Solusi # 6: Matikan Layanan Lokasi

Salah satu trik yang saya gunakan untuk tidak membiarkan baterai kehabisan tenaga pada perangkat saya dinonaktifkan Location Services bila tidak digunakan. Pelacakan lokasi yang konstan dapat memberi banyak tekanan pada perangkat dan bahkan memanaskannya. Jadi, pastikan untuk menggunakannya dengan cerdas. Pengaturan → Privasi → Layanan Lokasi → Nonaktifkan.

Solusi # 7: Jangan Simpan Apps Tetap Terbuka di Latar Belakang

Setelah Anda menggunakan aplikasi, pastikan Anda berhenti menggunakannya. Trik kecil yang bagus ini bisa memainkan peran efektif dalam melestarikan baterai pada perangkat Anda.

Solusi # 8: Nonaktifkan Refresh Aplikasi Latar Belakang

Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang. Jika Anda khawatir menghemat jus sebanyak mungkin, pertahankan fitur ini di cek akan sangat membantu.

iOS 11 memungkinkan Anda mengelola Background App Refresh dengan sempurna.

Solusi # 9: Matikan Unduhan Aplikasi dan Pembaruan Otomatis

Unduhan dan pembaruan aplikasi otomatis adalah fitur yang berguna. Tetapi jika Anda tidak ingin aplikasi diperbarui tanpa izin Anda atau secara otomatis mendownload aplikasi yang dibeli di perangkat lain yang disinkronkan dengan iCloud yang sama, matikan. Ini pasti akan menjadi dorongan untuk baterai. Pengaturan → iTunes & App Store → Nonaktifkan Automatic Downloads.

Solusi # 10: Nonaktifkan Auto-Mengambil Data Baru

Data baru otomatis dimasukkan ke akun Anda di perangkat iOS Anda. Tapi Anda punya pilihan untuk benar-benar menonaktifkannya atau mengambil data secara manual.

Ketuk pada Settings → Accounts & Passwords → Fetch New Data → Manual.

Solusi # 11: Merawat Layar OLED

Teknologi OLED lebih efisien dibanding LCD. Tapi ada beberapa hal yang perlu diingat untuk mencegah terjadinya luka bakar atau memastikannya selalu bermasalah.

Solusi # 12: Aktifkan Auto-Brightness

Saat kecerahan otomatis menyala, otomatis akan menyesuaikan kecerahan iPhone Anda sesuai dengan suasana. Namun, hal itu cenderung tidak konsisten dan gagal membaca lingkungan dengan baik. Oleh karena itu, nonaktifkan dan atur kecerahan secara manual.

Solusi # 13: Aktifkan True Tone Display

Tampilan True Tone menyesuaikan layar perangkat iOS sesuai kondisi pencahayaan sekitar untuk membuat warna tetap konsisten di lingkungan yang berbeda. Selain itu, juga menurunkan kelelahan mata dan membuat gambar pada tampilan terlihat lebih natural.

Solusi # 14: Aktifkan Dark Mode

iOS 11 memungkinkan Anda mengaktifkan mode gelap pada perangkat Anda. Ini tidak hanya mengurangi kelelahan mata tapi juga meningkatkan masa pakai baterai di iPhone X. Jadi, gunakan di malam hari atau lingkungan yang dinyalakan rendah untuk memberi dorongan pada beberapa baterai.

Solusi # 15: Bersihkan Perangkat Anda

Penting untuk menghapus file cache dan sampah dari waktu ke waktu untuk memastikan perangkat tetap tidak berantakan. Aplikasi dan data yang berlebihan tidak hanya menjadi beban bagi perangkat namun juga mempengaruhi kinerjanya-beberapa cara atau yang lain.

Solusi # 16: Perbarui Apps

Lebih baik terus memperbarui aplikasi. Versi aplikasi yang ketinggalan jaman diketahui bermasalah. Selain mengkonsumsi lebih banyak tenaga, mereka juga memperlambat perangkat. Buka App Store → Pembaruan → lalu perbarui semua aplikasi.

Solusi 17: Reset All Settings

Jika Anda belum dapat mengendalikan masalah pengeringan baterai, setel ulang semua pengaturan. Ini akan menghapus semua pengaturan yang ada dan memasukkan perangkat Anda ke default pabrik. Namun, semua data dan media Anda akan tetap aman.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan → Umum → Reset → Reset All Settings and confirm.

Solusi # 18: Update iOS di iPhone Anda

Belum beruntung? Coba perbarui iPhone Anda ke versi terbaru. Apple selalu menyarankan Anda untuk memperbarui perangkat Anda agar tetap berjalan lancar. Buka aplikasi Pengaturan → Umum → Pembaruan Perangkat Lunak → Download dan Instal (Jika tersedia.)

Solusi # 19: Kembalikan iPhone Anda sebagai Baru

Kalau-kalau tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang datang untuk menyelamatkan Anda atau melakukan pekerjaan untuk Anda, pulihkan perangkat Anda sebagai yang baru. Seperti biasa, pastikan untuk membuat cadangan iPhone sebelum mengembalikannya. Dan kemudian mengembalikannya dari backup iTunes.

Semoga dengan artikel cara menghemat baterai iphone diatas bisa membantu masalah anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here