cara mengunci folder di windows 10

Cara Mengunci Folder Dengan Password di Windows 10 – Baru-baru ini atasan saya meminta saya untuk meminjamkan hard disk eksternal saya (untuk alasan yang tidak dapat dijelaskan). Aku sedikit gelisah karena berisi beberapa barang pribadi yang tidak enak bagiku untuk berbagi. Tentu saja, saya punya pilihan untuk mengatakan alasan sebenarnya tapi tidak ingin terlihat kasar. Jadi saya mulai browsing di Google untuk menemukan beberapa cara cepat untuk mengunci file di Windows 10.

Ternyata tidak ada cara untuk melakukannya tanpa bantuan aplikasi eksternal. Untungnya, saya memiliki koneksi internet jadi saya mendownload sebuah aplikasi sederhana untuk tujuan tersebut dan menyerahkan drive mengetahui barang-barang pribadi saya aman. Tapi bagaimana jika Anda terjebak dalam situasi yang sama tanpa akses ke internet? Ada script populer yang beredar di internet yang membuatnya terlihat seperti Anda benar-benar mengunci folder, namun kenyataannya hanya menyembunyikan – tidak membuka folder dan sama sekali bukan metode yang efektif. Jadi hari ini kita akan melihat cara untuk menyembunyikan file Anda secara native di Windows tanpa bantuan software.

Cara Mengunci Folder di Windows 10

1. Mengunci File di Windows

Sebelum beralih ke berbagai metode, penting untuk memahami bagaimana enkripsi bekerja di Windows. Jika Anda mengenkripsi file / folder di Windows, Anda dapat dengan mudah membukanya, mentransfernya atau mengirimkannya dan masih akan terbuka di tempat penerima. Jadi orang mungkin bertanya-tanya apa gunanya Enkripsi itu? Jawabannya adalah bahwa kunci enkripsi (yang dihasilkan saat Anda mengenkripsi sesuatu untuk pertama kalinya) dikaitkan dengan akun Anda, lebih khusus lagi untuk kata sandi Anda. Jadi, setiap kali Anda masuk ke akun Anda semua file terenkripsi didekripsi dengan cepat dan tersedia dalam keadaan normal. Tetapi jika seseorang secara fisik mencuri drive Anda atau membuat akun baru di PC Anda, dia tidak akan dapat membukanya. Selain itu, ada beberapa keterbatasan enkripsi, hanya tersedia untuk pengguna edisi Pro & hanya akan bekerja pada partisi NTFS. Sekarang mari kita lihat apa saja langkah dasar mengenkripsi file atau folder di Windows.

#1 : File atau folder apapun bisa dienkripsi di Windows, asalkan kondisi di atas terpenuhi. Klik kanan pada file> Properties> Advanced tombol di bawah General tab> centang Encrypt contents untuk mengamankan data.

#2 : Klik OK dan nama filenya akan berubah menjadi hijau atau simbol kunci akan muncul tergantung versi Windows. Anda bisa menambahkan pengguna lain yang bisa mengakses file dengan mengklik tombol Details seperti yang ditunjukkan di screengrab diatas dan klik Add.

2. Izin Akun & File Pengguna Baru

Jika seseorang ingin menggunakan PC Anda atau ingin meminjam laptop Anda, Anda bisa membuat akun baru untuk mereka dan mengubah hak akses pada file dan folder yang tidak mereka lihat. Mari kita lihat proses langkah demi langkah.

#1 : Masuk ke Control Panel> User Accounts, klik Manage account lain> Tambahkan orang lain ke PC ini. Pastikan akun baru yang Anda buat bukan akun admin atau keseluruhan proses ini akan sia-sia karena akun admin dapat menimpa semua izin terlepas dari file atau folder.

#2: Setelah Anda menyiapkan akun baru, sembunyikan semua file dan folder Anda dalam satu folder tunggal. Ini akan mempermudah pengelolaan beberapa file mudah. Klik kanan pada folder> Properties> Security tab, klik pada tombol edit. Jendela baru akan terbuka.

3 : Di jendela baru klik tombol Add … untuk menambahkan pengguna baru ke dalam daftar. Satu jendela lagi akan terbuka di mana Anda harus memasukkan nama akun yang tepat dan kemudian klik pada Check Names.

Jika akun tidak muncul, klik Advanced …> Find Now, daftar semua akun yang ada di PC. Pilih akun dan klik OK, di kedua jendela sebelumnya untuk kembali ke jendela Permissions.

#4 : Setelah Anda menambahkan akun yang bersangkutan, centang kotak Full Control di bawah kolom Deny dan akhirnya klik Apply to save.

Sekarang jika seseorang mencoba mengakses file tersebut, mereka akan mendapatkan kesalahan Akses ditolak. Untuk efek tambahan beri nama teknis beberapa folder seperti Windows System files atau Admin Files agar terlihat seperti file sistem mereka. Proses di atas juga bisa dilakukan secara terbalik yaitu mengatur perizinan untuk file-file di akun baru sehingga file tidak bisa diakses di akun aslinya. Dengan cara ini seseorang tidak akan curiga mengapa mereka diberi akun baru untuk digunakan.

3. Zip & File Terkunci

Cara ini sebenarnya membutuhkan aplikasi pihak ketiga, 7-Zip untuk bekerja. Tapi 7-zip telah menjadi aplikasi de-facto untuk mengelola file terkompresi untuk Windows, namun harus selalu hadir di komputer setiap orang. Jika Anda memiliki WinRar, itu juga akan bekerja.

Langkah 1: Sajikan semua file Anda dalam satu folder karena Anda tidak dapat menambahkan file begitu arsip dibuat. Klik kanan pada folder dan pilih 7-Zip> Add to archive ….

Langkah 2: Jendela baru akan terbuka dengan opsi untuk men-tweak. Anda mungkin tetap default seperti mereka. Di bawah Enkripsi, masukkan kata sandi pilihan Anda, tanpa itu siapa pun dapat membukanya. Akhirnya, klik OK dan anda selesai.

4. Buat Partisi Baru & Sembunyikan

Jika Anda memiliki cukup ruang kosong pada hard disk Anda, Anda dapat membuat partisi bebas dan membuang semua barang yang ingin Anda kunci di dalamnya dan kemudian menyembunyikannya.

Langkah 1: Buat partisi baru dengan mengikuti panduan di sini atau di sini.

Langkah 2: Salin semua barang Anda ke partisi. Dari sini, pengguna edisi Windows Pro hanya bisa menggunakan BitLocker atau mengenkripsi isinya (jika partisi ada di HDD eksternal) dan pengguna Windows Home edition dapat menyembunyikan partisi dengan mengikuti langkah berikutnya.

Langkah 3: Masuk ke Control Panel> Administrative Tools> Buat dan format partisi hard disk> klik kanan pada partisi yang Anda buat di Langkah 1> Ubah Huruf dan Jalur Drive …. Di jendela baru, klik hapus.

Ini akan menunjukkan peringatan, menerimanya. Sekarang partisi anda tidak akan terlihat di My Computer atau di manapun di Windows. Tentu saja, pengguna pintar bisa memikirkan hal ini dan membuat partisi terlihat lagi mengikuti metode yang ditunjukkan pada langkah berikutnya. Agar tidak membiarkan hal ini terjadi, ubahlah hak akses untuk partisi seperti yang dijelaskan di atas.

Langkah 4: Untuk mengembalikan drive, kembali ke Control Panel> Administrative Tools> Buat dan format partisi hard disk> Ubah Huruf dan Jalur Drive …. Di jendela baru, klik Tambah, untuk menetapkan huruf ke drive.

Salah satu metode lainnya adalah membuat partisi baru dalam format Linux (ext2 atau ext3). Tapi itu akan membutuhkan aplikasi eksternal tapi juga salah satu cara paling sederhana untuk menyembunyikan sesuatu. Untuk membuat ext3 Anda dapat menggunakan salah satu manajer partisi utama yang tersedia. Partisi ext3 ini tidak akan terlihat di My Computer dan untuk membaca atau mentransfer file yang tersimpan di dalamnya, Anda memerlukan pembaca partisi ext3. Saya akan merekomendasikan menggunakan aplikasi open-source yang sangat bagus ini. Tentu saja, alternatif lain hanya pencarian Google saja.

Penutup

Metode di atas sebagian besar untuk mengunci akses atau menyembunyikan file dari setiap bantuan eksternal. Jika Anda berani keluar dan browsing ada banyak solusi yang tersedia, beberapa open source, beberapa proprietary. Jika Anda memiliki beberapa metode lain, ikutilah kami melalui komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here