dampak menggunakan VR

Penelitian Terhadap Dampak Buruk Menggunakan Headset VR – Headset VR (Virtual Reality) merupakan suatu teknologi yang paling modern yang juga sangat banyak diminati oleh seluruh orang yang ada diseluruh dunia, karena VR sendiri adalah suatu perangkat yang membuat dunia maya akan terasa seperti dunia nyata baik itu game dan lainnya.

Sesuatu yang bagus tentu pasti ada dampaknya walaupun dampak tersebut sangat kecil, baik dampak terhadap kesehatan penggunanya terutama bagi para anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan produktif.

Apakah Efek Menggunakan VR Bisa Merusak Mata?

Sebuah riset atau penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan berasal dari salah satu Universitas ternama yaitu Universitas Leed yang ada di Negara Inggris, penelitian ini memakan waktu yang cukup lama karena memicu masalah indera penglihatan dan status perkembangan bagi anak-anak yang masih dalam tahap produktif.

Sedangkan untuk orang dewasa sendiri, keseringan dalam menggunakan teknologi ini akan berakbiat buruk dan dapat menimbulkan banyak gejala kesehatan seperti sakit pada indera penglihatan dan akan berujung kepada nyeri atau pusing di bagian kepala penggunanya. Untuk pernyataan itu sendiri didapatkan pada saat tim ilmuan (peneliti) dari Universitas Leed yang melibatkan 10 Orang anak dengan rentan usia 8 tahun hingga 12 tahun.

Mereka nantinya akan dicoba untuk bermain salah satu game yang berbasis Virtual Reality selama kurun waktu 20-30 menit, apabila telah selesai menggunakan VR maka anak-anak tadi akan diperiksa keadaan kesehatannya. Dan hasil daripada pemeriksaan itu cukup mengejutkan karena anak-anak itu mengalami gangguan terhadap jarak pendengaran, sedangkan beberapa yang lainnya mengalami masalah keseimbangan mental yang turun secara drastis.

“Dalam teknologi Virtual Reality ini, dunia 3 dimensi dalam bentuk virtual akan ditampilkan dalam bentuk layar 2 dimensi dan menempatkan layar atau tampilan pada sistem pandang visual manusia” Itu adalah ungkapan salah satu peneliti dari Universitas Leed yang bernama Mark Mon-Williams.

Meski efek itu hanya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang sangat singkat, hal ini pastinya akan berpostensi buruk dan nantinya akan menyebabkan kerusakan produktif fisiologis pada anak-anak dibawah umur yang menggunakan Virtual Reality. Menurut kami ada baiknya perangkat Headset VR harus ditinjau ulang agar dapat berfungsi dengan sangat maksimal dan tentunya akan mengurangi yang namanya dampak buruk terhadap kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here