uc browser tidak ada di playstore

UC Browser Hilang di Playstore – Salah satu browser web terpopuler di dunia, UC Browser, telah hilang secara misterius dari Google Play Store. Aplikasi tersebut telah lenyap beberapa hari setelah klaim tersebut berhasil mengumpulkan 500 juta unduhan di Google Play Store. Kebetulan, versi ringan dari browser, UC Mini, masih tersedia untuk diunduh di Play Store. Browser UC dikembangkan oleh UCWeb, yang dimiliki oleh Grup Alibaba China.

Pembahasan browser dari Google Play Store pertama kali dilaporkan oleh beberapa pengguna di Reddit India. Sejauh ini, tidak ada informasi resmi tentang penghilangan aplikasi dari Google Play Store. Namun, sebuah laporan di Hindustan Times mengklaim bahwa Google mengambil langkah segera setelah aplikasi UC Browser berada di bawah pemindai pemerintah India karena diduga mengirim data ke server jarak jauh di China.

“Dikatakan bahwa aplikasi tersebut bisa mengakses data pengguna bahkan setelah dikeluarkan dari telepon,” kata laporan tersebut. Laporan berita selanjutnya menambahkan bahwa Pusat Pengembangan Komputasi Tingkat Lanjut (CDAC) di Hyderabad sedang menyelidiki masalah ini.

Pada bulan Agustus juga, Browser UC telah berada di bawah pemindai pemerintah karena dugaan kebocoran data mobile pengguna India-nya. Seorang pejabat senior kementerian IT kemudian mengatakan kepada kantor berita PTI bahwa hal itu mungkin akan menghadapi larangan di negara tersebut jika terbukti bersalah.

“Ada keluhan terhadap UC Browser yang mengirimkan data mobile penggunanya di India ke server di China. Ada keluhan bahwa walaupun ada pengguna yang mencopot pemasangan atau membersihkan data penjelajahannya, peramban tetap mengendalikan DNS perangkat pengguna,” petugas yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada PTI.

Browser, bagaimanapun, sejauh ini masih tersedia untuk diunduh di Apple’s App Store.
Menurut Internet Trends Report 2017 oleh Kleiner Perkins, yang dirilis pada bulan Juni tahun ini, UC Browser adalah browser internet bergerak terkemuka di India dengan pangsa pasar 50% diikuti oleh browser Google Crome dan Opera. Laporan tersebut juga menempatkan UC Browser sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh keenam pada platform Android di India.

UC Browser tahun lalu mengklaim telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di India dan Indonesia.

Bulan lalu, UCWeb, bagian dari grup Bisnis Alibaba Mobile, hari ini meluncurkan platform pemasaran mobile yang inovatif, UC Ads in India.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here