link mencurigakan di whatsapp

Setelah menandai pesan yang diteruskan dan membatasi penerusan pesan ke lima obrolan, WhatsApp akan merilis fitur baru sebagai bagian dari inisiatifnya untuk memeriksa penyebaran berita palsu di Dunia. Aplikasi pesan instan whatsapp sedang menguji fitur yang melabeli tautan yang meragukan yang dibagikan di platformnya.

Sampai sekarang, link ‘tautan mencurigakan’ dapat ditemukan di WhatsApp beta untuk perangkat Android. Fitur ini akan dibawa ke iOS dan Windows Phone di pembaruan kemudian, menurut laporan oleh WABetaInfo.

Fitur deteksi link tautan mencurigakan akan dimulai ketika pesan dengan tautan yang meragukan diterima. Menurut laporan, fitur ini menandai tautan yang mencurigakan menemukan anomali di dalamnya, seperti karakter yang tidak biasa. Jika tautan dibuka meskipun ada peringatan awal, jendela baru akan muncul dan memberi tahu pengguna mengapa tautan tersebut ditandai sebagai mencurigakan.

Selain itu, fitur deteksi tautan mencurigakan memeriksa tautan secara lokal di perangkat penerima, tanpa mengakses data apa pun dari server WhatsApp atau Facebook. Langkah ini telah diberlakukan karena enkripsi end-to-end WhatsApp pada pesan.

Cara Mengaktifkan Fitur Deteksi Link Mencurigakan di WhatsApp

Fitur deteksi tautan mencurigakan saat ini hanya tersedia di WhatsApp beta untuk Android. Untuk mengaktifkannya, pengguna harus memperbarui aplikasi beta WhatsApp mereka ke versi 2.18.221 atau lebih baru. Jika fitur tidak muncul bahkan setelah memperbarui ke versi yang disebutkan di atas, maka backup riwayat obrolan dan instal ulang WhatsApp sekali lagi. Menginstal ulang WhatsApp kembali mengunduh pembaruan terbaru dari Play Store, mengaktifkan fitur tersebut.

Fitur yang muncul dalam versi beta menunjukkan ke arah peluncuran pada versi normal segera. Aplikasi olahpesan instan milik Facebook telah berjanji untuk segera menghadirkan fitur pendeteksi tautan yang mencurigakan ke iOS dan Windows Phone.