masalah android pie

Cara Mengatasi Android Pie Yang Bermasalah – Pada hari-hari ini yang dapat dianggap sebagai awal dari smartphone modern, pasar didominasi oleh merek Nokia dari bawah ke atas. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang terus meningkat, perusahaan ini banyak berinvestasi di platform Symbian OS, yang runtuh setelah Google mengakuisisi dan mengembangkan OS Android serta mengetahuinya hari ini.

Lebih dari satu dekade kemudian, OS Android adalah platform seluler yang berkembang pesat yang digunakan pada miliaran perangkat, dan hanya semakin baik. Perilisan Android 9 Pie menandai tonggak baru bukan hanya untuk Google, tetapi untuk smartphone, karena menghadirkan game dengan fitur seperti integrasi Google DeepMind AI, fitur manajemen baterai baru dan banyak lagi.

Tetapi dengan fitur itu semua ternyata banyak sekali masalah yang muncul pada android 9 pie, mungkin disini kalian akan temukan cara mengatasinya sebagai berikut ini.

6 Masalah Android Pie Yang Banyak Terjadi Beserta Solusi Mengatasinya

Namun, karena OS Android berjalan pada miliaran perangkat dengan dugaan jutaan perangkat yang diharapkan dapat menjalankan Android 9 Pie tahun ini, Kalian dapat mengharapkan hal-hal untuk pergi ke selatan setiap sekarang dan kemudian. Dengan versi Android terbaru yang belum genap berusia satu bulan, ada masalah Android 9 Pie tertentu yang dihadapi pengguna perangkat Pixel, dan berikut semua hal yang perlu Kalian ketahui tentang mereka dan cara memperbaikinya.

Masalah konektivitas

Salah satu masalah yang sering muncul beberapa pengguna Google Pixel telah dilaporkan di forum adalah masalah konektivitas setelah rilis Android 9 Pie. Meskipun terkadang jaringan dan masalah konektivitas Bluetooth memerlukan diagnosis khusus dari pabrikan melalui pembaruan perangkat lunak, itu juga dapat diselesaikan melalui langkah-langkah sederhana ini.

  1. Buka PengaturanJaringan & internetWi-Fi dan ketuk jaringan nirkabel yang bermasalah. Tekan tombol Lupakan dan tambahkan jaringan wifi lagi untuk melihat apakah masalah telah teratasi.
  2. Masalahnya juga bisa dengan router nirkabel Kalian, jadi coba cabut sederhana, dan kemudian pasang kembali router setelah 10 detik untuk soft reset cepat.
  3. Untuk perangkat Bluetooth yang sudah dipasangkan ke perangkat Android 9 Pie Kalian tetapi kembali dengan masalah, Kalian dapat menyandingkannya lagi untuk menyelesaikan masalah apa pun. Buka Pengaturan – Perangkat tersambung dan lepaskan perangkat yang dipasangkan. Tambahkan lagi dan lihat apakah mulai berfungsi dengan baik.

Baterai Cepat Boros

Google telah membuat Android Pie dengan fitur yang disebut Adaptive Battery, yang dirancang untuk membantu Kalian mendapatkan lebih banyak waktu screen-on saat Kalian maju. Namun, salah satu masalah paling efektif yang tampaknya terlalu persisten tidak hanya di Google Pixel, tetapi bahkan Telepon Esensial adalah baterai yang cepat habis.

Berdasarkan beberapa di seluruh Komunitas Pengguna Pixel, masa pakai baterai sangat terpengaruh setelah pembaruan Android 9. Esensial telah cepat mengonfirmasi bahwa masalah menguras baterai tampaknya terhubung ke penyebaran perangkat lunak oleh Google, yang berarti satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan pembaruan perangkat lunak yang akan datang.

Namun, jika masa pakai baterai yang berkurang menjadi terlalu repot untuk melanjutkan, Kalian selalu dapat melakukan pengaturan ulang pabrik untuk melihat apakah keadaannya lebih baik. Buka Pengaturan – Sistem – Lanjutan – Atur ulang opsi dan pilih opsi ‘Hapus semua data (pengaturan ulang pabrik)’.

Masalah Pengisian Baterai (Charging)

Tampaknya bug khusus ini pada Android 9 Pie dilaporkan kembali dengan rilis Pratinjau Pengembang Android P, tetapi entah bagaimana muncul kembali bahkan setelah rilis publik. Terus-menerus memengaruhi perangkat Google Pixel XL secara khusus, banyak pengguna telah melaporkan bahwa perangkat mereka benar-benar kehilangan kemampuan Pengisian Cepat setelah pembaruan.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa bug meluas ke perangkat Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga, dan Google telah mengakui keberadaan masalah ini. Satu-satunya solusi untuk masalah ini tampaknya adalah menunggu update berikutnya untuk perangkat Pixel Kalian, yang semestinya dapat menyelesaikan masalah pengisian untuk selamanya.

Aplikasi rekaman panggilan tidak berfungsi

Sementara etika bagaimana Kalian menggunakan aplikasi perekaman panggilan dan legalitasnya kadang-kadang dapat dipertanyakan, tidak ada keraguan bahwa aplikasi rekaman panggilan cukup berguna. Namun, sepertinya Google meletakkan langkahnya pada rekaman panggilan dengan pembaruan Android 9 Pie, karena beberapa pengguna telah melaporkan bahwa aplikasi perekam panggilan favorit mereka sepertinya tidak lagi berfungsi.

Meskipun Google telah menghentikan dukungan untuk call recording API kembali dengan Android 6.0 Marshmallow, para pengembang dapat menyelesaikannya sampai rilis Android 9. Tampaknya satu-satunya cara untuk mendapatkan rekaman panggilan pada perangkat Android 9 Pie akan melalui root kemampuan, yang mana beberapa pengguna akan merasa frustasi.

Masalah Kamera di Android Pie

Meskipun kesalahan khusus ini belum tersebar luas, ada beberapa laporan yang menyarankan pembaruan Android Pie tampaknya menyebabkan aplikasi Kamera bertindak. Kami belum mengalami kesalahan pada perangkat Google Pixel, jadi sepertinya masalahnya mungkin tidak meluas. Namun, jika Kalian melihat pesan ‘Kesalahan kamera’ muncul di layar, inilah yang dapat Kalian lakukan.

  1. Pergi ke aplikasi Pengaturan dan pilih Aplikasi & pemberitahuan.
  2. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi Lihat semua aplikasi dan temukan tap pada tombol menu tiga titik di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih opsi Tampilkan aplikasi sistem dan kemudian temukan aplikasi Kamera dari daftar.
  4. Ketuk tombol Penyimpanan dan pilih Hapus penyimpanan.
  5. Nyalakan ulang perangkat Kalian dan luncurkan aplikasi Kamera untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.

Masalah Lain Yang Terjadi di Android 9 Pie

Terlepas dari masalah Android Pie utama yang telah dilaporkan oleh sebagian besar pengguna, ada banyak orang lain yang telah disebutkan di situs Komunitas Pengguna Pixel tetapi belum ditangani. Jika Kalian sudah menjalankan Android Pie dan menghadapi salah satu kesalahan yang disebutkan di bawah ini, nantikan pembaruan software untuk memperbaikinya semua untuk Kalian.

  • Masalah menguras baterai saat perangkat dalam keadaan idle.
  • Setelan pencocokan suara Asisten Google rusak.
  • Konektivitas Bluetooth dan masalah volume.
  • Fitur Kecerahan Adaptif tidak berkinerja efisien.
  • Pengaturan kedudukan di bawah opsi Pengembang telah hilang.

Sekian ulasan mengenai masalah android pie, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here