mengatasi ok google tidak berkerja

OK Google tidak Berfungsi? Ini Solusi Mengatasinya – Asisten Google seharusnya membantu kita disemua permasalahan yang kita hadapi. Tapi sebaliknya, banyak pengguna Android telah menemukan bahwa fitur tersebut baru saja melakukan teriakan “Ok Google” berulang-ulang karena smartphone android yang digunakan tidak merespon sama sekali, nah, disini kami akan memberikan tips cara memperbaiki kenapa OK Google tidak berkerja.

Tapi jangan putus asa dulu, ada beberapa perbaikan sederhana yang bisa Anda untuk mengatasi hal ringan ini.

Cara mengatasi OK Google Yang tidak Berfungsi

1. Periksa pengaturan bahasa Anda

Jika Asisten Google tidak menanggapi Anda, mungkin karena Anda berbicara dengan bahasa yang salah. Bahasa Inggris AS akan menjadi bahasa default bagi banyak pengguna, Namun anda dapat mengubahnya sesuai selera atau sesuai bahasa negara yang anda gunakan.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi Google dan kemudian menu utamanya, lalu buka Setelan> Suara (di bawah Penelusuran), lalu pilih bahasa yang sesuai dari menu Suara. Di sana Anda akan melihat puluhan pilihan bahasa, masing-masing memiliki kotak centang, sehingga Anda dapat mengatur bahasa primer dan sekunder jika diinginkan. Google akan secara otomatis mendeteksi bahasa yang Anda gunakan untuk berbicara dan beralih di antara mereka secara otomatis. Jika Anda multibahasa, berhati-hatilah agar pengenalan suara untuk bahasa selain bahasa Inggris terkadang bisa di bawah standar.

cara mengatasi oke google yang bermasalah

Dengan mengganti bahasa yang ada gunakan maka hal ini akan mudah untuk mengatasi permasalahan anda.

cara mengatasi oke google yang bermasalah1

2. Periksa mikrofon pada perangkat Anda

Sebagai sistem berbasis suara, Asisten Google mengandalkan akses tanpa gangguan ke mikrofon ponsel cerdas Anda. Saat membuka aplikasi Google, ikon mikrofon di sisi kanan bilah penelusuran harus tampak tebal, dengan garis yang terbentuk sepenuhnya. Jika memiliki garis putus-putus, Anda mungkin memiliki masalah dengan mikrofon Anda.

Terkadang, aplikasi yang berjalan di belakang layar membuat suara bising yang mungkin mengganggu mikrofon yang merekam suara Anda, jadi periksa juga – dan tutup semua yang menurut Anda mungkin membuat kebisingan.

cara mengatasi oke google yang bermasalah2

3. Nonaktifkan S Voice atau Bixby

jika Anda menggunakan Samsung, tampaknya Google Assistant (dan Google Now versi lama) tidak selalu kompatibel dengan Bixby (atau aplikasi S Voice yang lebih tua) di ponsel Samsung.

Jika Anda memiliki Samsung dengan Bixby atau S Voice terpasang dan lebih memilih untuk menggunakan asisten suara Google sebagai gantinya, kemungkinan terbaik Anda adalah menonaktifkan Bixby atau S Voice sepenuhnya di perangkat Anda. Untuk melakukan ini, cukup cari ikon aplikasi untuk S Voice atau Bixby dan kemudian tekan lama dan pilih Disable.

cara mengatasi oke google yang bermasalah3

4. Pastikan OK Google Telah di Aktifkan

Ini mungkin menyatakan yang sudah jelas, namun Asisten Google memang memerlukan data Wi-Fi atau mobile data untuk beroperasi, jadi pastikan perangkat Anda terhubung sebelum Anda mencoba pencarian. Juga, dan ini mungkin merupakan saran terbaik dalam tips ini, tidak ada salahnya melakukan reboot. Dan, periksa untuk memastikan deteksi “Ok Google” benar-benar diaktifkan. Untuk melakukannya, buka aplikasi Google dan kemudian menu utamanya, lalu buka Setelan> Suara (di bawah Penelusuran)> “Ok Google”. Dari sana, aktifkan opsi Say “Ok Google” kapan saja.

cara mengatasi oke google yang bermasalah4

5. Dan Mari test kembali “Ok Google”

Terkadang, untuk alasan yang tidak diketahui, Asisten Google tidak menyimpan perintah yang Anda berikan. Untuk melakukan ini, Anda harus membuka Google app dan kemudian menu utamanya, lalu buka Setelan> Suara (di bawah Penelusuran)> “Ok Google”. Dari sana, ketuk tombol suara Retrain dan katakan “OK Google” tiga kali, seperti yang Anda lakukan saat pertama kali memasangnya.