Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected –¬†Write Protection sepertinya selalu bikin kepala pusing itu pada saat yang paling buruk tapi jangan takut, kami telah mengumpulkan panduan praktis sehingga Anda bisa mengatasinya dengan cepat.

Write Protection pada flashdisk menjadi sulit adalah salah satu masalah yang membuat frustrasi saat Anda meninggalkan kantor pada hari itu. Tidak dapat memindahkan file Anda ke flashdisk atau drive adalah hal terakhir yang ingin Anda hadapi.

Sayangnya, dalam beberapa kasus perangkat mungkin rusak atau rusak secara fisik dan tidak ada trik atau perangkat lunak yang akan berhasil bekerja kembali. Satu-satunya solusi dalam hal ini adalah membeli drive baru.

Cara dibawah ini dapat mengatasi flashdisk write protect, silahkan lakukan dengan benar

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected Di Windows 7/8/10

#1 Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan Menggunakan Regedit

Dalam versi Windows dari XP dan seterusnya, jalankan Regedit.exe.

Jika Anda tidak yakin bagaimana menemukannya, mencari ‘regedit’ di menu Start biasanya akan menampilkan program di bagian atas daftar.

Ini seperti File Explorer, jadi gunakan panel di sebelah kiri untuk menavigasi ke tombol berikut:

Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies

Catatan: jika Anda tidak dapat menemukan StorageDevicePolicies, lihat langkah selanjutnya.

Klik dua kali pada WriteProtect value di panel sebelah kanan. Anda sekarang dapat mengubah Value data dari 1 menjadi 0. Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan. Tutup Regedit dan mulai ulang komputer Anda. Hubungkan drive USB Anda lagi dan, dengan sedikit keberuntungan, Anda sudah bisa memperbaiki flashdisk yang write protected.

Anda sekarang dapat terus menggunakan flashdisk, tapi perlu menyalin file yang ingin Anda simpan dan kemudian memformatnya dengan mengklik kanan di daftar drive di File Explorer dan memilih Format.

#2 Memperbaiki Flashdisk Write Protected Dengan StorageDevicePolicies

Jika Anda tidak dapat menemukan StorageDevicePolicies, Anda dapat membuatnya dengan mengklik kanan di ruang putih di folder ‘Control’ dan memilih New -> Key dan memasukkan nama StorageDevicePolicies.

Sekarang klik dua kali pada tombol baru (ini akan tampil sebagai folder) dan klik kanan sekali lagi di ruang putih dan pilih New -> DWORD. Beri nama WriteProtect ini dan tetapkan nilainya menjadi 0. Klik OK, keluar dari Regedit dan reboot komputer Anda.

Jika metode ini tidak berhasil, lanjutkan ke langkah selanjutnya

#3 Memperbaiki Flashdisk Write Protect Dengan CMD (diskpart)

Dengan drive USB atau kartu memori yang terpasang pada komputer Anda, jalankan command prompt. Anda bisa melakukan ini dengan mencari cmd.exe atau ‘Command Prompt’ di menu Start.

Catatan: Anda mungkin perlu menjalankan cmd.exe dengan hak istimewa administrator jika Anda melihat pesan “akses ditolak”. Untuk melakukan ini, klik kanan pada Command Prompt di menu Start dan pilih ‘Run as administrator’ dari menu yang muncul.

Jika Anda memiliki Windows 10, cukup klik kanan pada tombol Start (kiri bawah layar) dan pilih Command Prompt (admin).

Sekarang, pada prompt, ketik yang berikut dan tekan Enter setelah setiap perintah:

  • diskpart
  • list disk
  • select disk x (pilih disk mana)
  • attributes disk clear readonly
  • clean
  • create partition primary
  • format fs=fat32
  • exit

Untuk lebih jelasnya dalam mengatasi flashdisk yang write protected bisa lihat gambar dibawah ini

Selamat!. Flashdisk Anda sekarang sudah bisa bekerja seperti biasa di File Explorer. Semoga artikel tentang cara memperbaiki flashdisk write protected, bisa bermanfaat buat kali. Jangan Lupa Share!